Komunitas Blogger Bekasi

Analisa Bisnis MLM untung dan rugi nya

Selasa, 18 Agustus 2009 , Posted by saeful uyun at 21.08

Analisa Bisnis MLM untung dan rugi nya.
teringat waktu kuliah dahulu, dimana uang bulanan dengan rumus apapun pembagiannya selalu tekor,
terus murung dalam kekurangan akirnya banyak sahabat saya yang mengikuti bisnis freelance, sedangkan sy menggeluti bisnis yg bisa langsung dimakan waktu itu, (hehe)
MLM atau multilevel marketing adalah sebuan mahasiswa untuk berbisnis ria, serbuan ke mahasiswa baru lebih gencar ngajak ikutan mlm daripada ngajakan perhimpunan mahasiswa, hahahaha
saat itu saya memutuskan untuk tidak ikut dalam dunia merketing MLM, bukan tidak bagus tapi ini pilihan waktu itu.
sesudah bekerja ternyata yang namanya sidana selalu kurang, huuuh .... ( wajar kata orang yang bicara ).
tepatnya tahun 2007 pas lebaran beredar mlm yang sangat pesat, ajang silaturahmi lebaran dijadikan ajang promosi, bahkan ada yang sudah berhasil,
hasilnya pun sudah mentereng kelihatann panas hati tidak tertahan, padahal saya adalah salah satu orang yang kurang suka jika mendengar MLM,
tetapi jika sudah melihat kesuksesan, waduuuh, panas nya tidak tertahan (hihihihi).
saya tidak ingin mengajak untuk ikutan bisnis mlm, tetapi saya ingin objektif memandang sebuah mlm dimata saya.

nilai objektif saya tentang MLM adalah seperti ini.
1. MLM adalah sebuah sistem yang dibangun atas dasar kepercayaan dan jaringan, sistem ini sangat bertumpu pada
sistem komputer karena jika dilakukan manual akan sangat mustahil.
2. memperbaiki sebuah sistem dan terus mengimplementasikannya ke semua member yang sudah berjalan akan sangat sulit dilakukan.
mendingan menggunakan nama mlm yang baru dengan sistem yang lebih menarik dan sudah pasti orang orang yang ikutnya juga baru lagi.
sebab jika kita memaksakan pangsa pasar yang jenuh, sama saja menguras tenaga untuk peluang yang sudah kecil bahkan relatif hilang.
3. orang yang membikin mlm denan nama baru adalah orang orang lama yang sudah mengambil hidup di bisnis jaringan, so orangnya itu itu juga.
4. mengikuti bisnis MLM berarti kita sudah belajar dari alam marketing untuk bisa tebal muka, ditolak orang, dan ini adalah ilmu yang sangat berarti
walapun yang dijual sebetulnya materi, tapi saya anggap ini adalah sebuah ilmunya.
5. mengikuti mlm kita akan menggunakan waktu kita lebih efisien dan setiap waktunya adalah bisnis, hebat kan!!!!!.
6. silahkan menambahkan sendiri ....

saran saya terhadap MLM ini.

semua bisnis akan hasilkan sebuah suksesan jika kita serius, so focuss it.
sistem akan berembang, jadi ambilah yang terbaru dan lebih baik, jangan ngotot mengunggulkan sistem yang sudah tidak layak jual.
orang yang ikut lebih awal akan menikmati keuntungan relatif lebih besar.
tidak semua mlm yang tumbuh, akan hidup ( jadi analisalah jika kita akan menentukan pilihan).
belajar dari setiap pengalaman sangat lebuh berharga, daripada kita tidak mengmbil keputusan dan tidak ikut sama sekali.

sebuah catatan saya
" orang rajin lebih hebat daripada orang pintar"
" tetapi orang pintar bisa m

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar